Jenis Kopi Dan Fakta Kesehatannya

Mengkonsumsi kopi yang berkualitas dan murni, tanpa campuran bahan lain, akan baik untuk kesehatan, memberi kebahagiaan yang seutuhnya dalam mengkonsumsi kopi.

Mari cari tahu apakah kopi itu baik untuk kesehatan atau tidak.

Untuk Informasi Harga Kopi Hutanta Klik Disini

.

Fakta Kesehatan Kopi

Jenis kopi yang umum dikenal adalah Robusta dan Arabica


Robusta, tumbuh di dataran lebih rendah, mulai dari 400mdpl. Adalah kopi yang paling disukai masyarakat Indonesia secara tradisional. Biasanya rasanya pahit karena disangrai gosong/dark roasted.


Arabica adalah jenis kopi yang hanya tumbuh di dataran tinggi/pegunungan, mulai dari 1200 mdpl. Umumnya disukai oleh negara-negara barat, dengan karakter rasa yang asam.


Kopi adalah minuman umum, yang kadar cafeinnya paling tinggi

Coklat, Teh, Soda, semua minuman ini memiliki kandungan cafein, tapi kopilah yang paling tinggi kadar cafeinnya. Dalam 1 cangkir kopi arabica (180ml), ada 100 mg cafein. Robusta memiliki kadar cafeinnya dua kali lebih besar. Diikuti teh 50mg.

Kopi Menghilangkan rasa Mengantuk

Apa efek cafein di tubuh?

Sejak kita bangun, tubuh secara perlahan membentuk Adenosin di otak, yang mana ketika jumlahnya sudah cukup banyak, maka akan memberikan efek mengantuk.

Ketika kita mengkonsumsi cafein, reseptor Adenosin ini di blok oleh cafein, sehingga rasa mengantuk hilang. Walau efeknya hanya sementara, setiap orang bisa merasakan efek cafein ini 2-4 jam. Setelah itu adenosin mulai terbentuk lagi, sehingga kita akan mengantuk lagi, dan perlu tidur.

Kopi Membuat Bersemangat


Cafein membuat pembuluh darah semakin kecil, sehingga tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin.


Efek Adrenalin adalah meningkatnya denyut jantung, meningkatkan pernafasan, meningkatkan tekanan darah, membuat sistem pencernaan semakin lambat. Hasilnya kita menjadi lebih bersemangat (excited).


Demikian juga kopi dipakai untuk program diet, karena melambatkan sistem pencernaan.

Kopi Membuat Rasa Senang


Kopi menyebabkan dilepaskannya neurotransmiter yang disebut dengan Dopamin. Dopamin adalah salah satu dari 4 senyawa yang mengaktifkan pusat kesenangan di otak.

Tidak menyebabkan peningkatan resiko terkena penyakit hipertensi dan penyakit jantung koroner



Kopi memang secara langsung meningkatkan tekanan darah kita dengan dilepaskannya adrenalin oleh tubuh. Namun dalam jangka panjang, telah dilakukan penelitian, bahwa orang yang minum kopi dan orang yang tidak minum kopi memiliki resiko yang sama untuk menderita hipertensi.


Namun, bagi yang sudah menderita hipertensi, perlu menjaga agar dosis cafein yang dikonsumsi tidak terlalu banyak/berlebihan.


Telah dilakukan penelitian juga bahwa orang yang meminum kopi arabica 3-5 cangkir sehari, dalam jangka panjang tidak meningkatkan resikonya untuk terkena penyakit jantung.

Kopi tidak menyebabkan dehidrasi



Minum kopi memang menyebabkan kita menjadi lebih sering buang air, tapi tidak akan menyebabkan dehidrasi.



Perlu diingat, walaupun telah minum kopi, kita tetap perlu memenuhi kebutuhan harian tubuh kita untuk minum air putih sekitar 2 liter/hari atau sekitar 8 gelas air (@250ml)

Kopi meningkatkan produksi asam lambung




Minum kopi memang tidak serta merta membuat kita terkena sakit maag. Tapi perlu diingat, pada saat kita mengkonsumsi kopi, cafein akan membuat hormon gastrin dilepaskan yang menyebabkan dinding lambung mengeluarkan asam lambung. sehingga orang-orang yang sensitif akan merasakan nyeri di ulu hatinya



Sehingga kalau kita menderita sakit maag, sebaiknya makan dulu sebelum mengkonsumsi kopi, sehingga gejalanya menjadi kecil.

Dosis aman minum kopi adalah 400mg cafein perhari



Dosis yang berbahaya adalah 0.015% dari berat badan. Artinya kalau berat badan adalah 80kg, jumlah cafein yang membahayakan adalah 0.015% x 80.000g = 12 gram.


Jika satu gelas kopi Robusta mengandung 200 mg kopi, maka untuk mencapai dosis berbahaya adalah meminum 60 gelas kopi.

Selama meminum 400mg cafein sehari, atau sekitar 2 gelas robusta atau 4 gelas arabica, maka tubuh akan baik-baik saja

Kopi apa yang sesuai untuk Jantung atau Lambung?.

.



Banyak orang beranggapan minum kopi itu tidak baik untuk kesehatan karena dinilai bisa meningkatkan kolesterol, efek susah tidur, tidak baik untuk jantung, atau jadi gemuk kalau rutin minum kopi. Namun benarkah demikian?


Ternyata.. yang tidak sehat itu bukan kopinya, tapi cara penyajian dan jenis kopi apa yang diminum!



Ini lah 5 langkah yang benar dalam menyajikan kopi yang sehat:

1. Jangan sembarang minum kopi, pilih dulu jenis kopinya

Apapun jenis kopinya, sebaiknya meminum kopi dilakukan setelah makan

Jika anda memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsumsi kopi yang lebih rendah kafeinnya, yaitu jenis Arabica.Sementara jika anda memiliki riwayat penyakit di lambung, sebaiknya mengkonsumsi Robusta, karena keasamannya yang lebih rendah. Namun Kafein robusta lebih tinggi.

Efek kafein dalam dosis yang sesuai, bagus bagi tubuh. Karena membantu meningkatkan kinerja jantung sehingga memperlancar peredaran darah. Untuk konsumsi harian, dapatkan manfaat dari Robusta dan Arabica dengan menkonsumsi kopi jenis Blend, keseimbangan antara rasa, tingkat keasaman, dan cafein.
2. Giling kopi tepat sebelum disajikan, Kenapa?

Kopi terbaik adalah kopi yang digiling tepat sebelum dikonsumsi. Karena semakin lama jarak penggilingan dengan konsumsi maka kualitas kopi akan semakin berkurang.

3. Perhatikan Suhu Airnya, jangan menyajikan kopi dengan air mendidih.

Hal yang sering kali tak disadari oleh para penikmat kopi adalah menyeduh kopi dengan air mendidih. Sebenarnya suhu air paling ideal untuk menyeduh kopi adalah sekitar 96° C. Pada suhu ini, kopi akan terekstrak secara optimal dan nutrisinya tetap terjaga.

4. Seduh kopi dengan peralatan yang berkualitas dan steril

Mau membuat kopi sendiri seperti kopi di coffee shop terkenal? Gunakan peralatan yang berkualitas, bersih, dan steril (yang terbuat dari stainless).

5. Jangan Memakai Gula/Kurangi Gula

Minum kopi juga tidak perlu pakai gula. Hutanta Coffee memiliki rasa kopi alami yang enak walau tanpa gula, karena melalui proses roasting yang baik.

Metode Penyajian Kopi Yang bisa dilakukan di Rumah

Tanpa menggunakan mesin kopi espresso. Mulai dari tanpa alat khusus hingga beberapa alat kopi sederhana

Tubruk!

Kopi tubruk adalah penyajian kopi khas Indonesia dan merupakan penyajian kopi paling sederhana, tidak perlu menggunakan alat khusus. Bagi sebagian besar pecinta kopi adalah metode yang paling disukai, Karena seluruh cita rasa yang dimiliki biji kopi bisa dirasakan. Mengapa? karena tanpa menggunakan filter. Caranya adalah dengan menuang langsung air panas ke bubuk kopi dalam gelas. Tetapi jangan salah, metode penyajian yang tidak tepat, bisa merusak rasa kopi.
Hanya penyajian ini memiliki ampas kopi saat dinikmati. Dimana sebagian orang tidak suka dengan ampas tersebut..

Tutorial kopi tubruk

Metode French Press

Kopi yang dibuat dengan metode French Press biasanya memiliki rasa yang lembut, kaya rasa, dan memanjakan. Tidak ada serbuk/ampas kopi ketika diminum, karena telah disaring. Cara penyajiannya mudah dan sederhana, tetapi tetap kaya rasa.



Bagi anda yang baru mulai menyeduh kopi sendiri di rumah, metode ini adalah salah satu pilihan yang baik dan mudah dikuasai

Tutorial French Press

Metode V60

Masuk kategori penyajian Pour Over, yaitu metode penyeduhan yang mengalirkan air panas pada bubuk kopi di atas filter.


Tujuan utama dari metode ini adalah untuk mendapatkan rasa asam yang menyenangkan dari biji kopi. Sehingga biasanya menggunakan biji kopi Arabica yang disangrai medium (medium roasted)

Tutorial v60

Menggunakan Moka Pot

Dengan menggunakan alat moka pot ini, kita bisa mendapatkan ESPRESSO secara manual tanpa menggunakan mesin kopi.


Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Berbagai produk kopi seperti cappucino, cafe latte, affogato, bahkan kopi kekinian menggunakan espresso sebagai bahan dasarnya. Dengan espresso kita bisa mendapatkan seluruh sari biji kopi.

Tutorial Moka Pot

Mengapa memilih Biji Kopi dari Hutanta Coffee.

Kopi Hutanta Dijamin MURNI, tidak ada campuran bahan lain.

Berasal Dari Pegunungan Kawasan Danau Toba yang sejuk dan bersih, sehingga kualitas rasa dan aromanya TERJAMIN!

Ini adalah KOMITMEN kami memastikan asal-usul BIJI Kopi Hutanta langsung dari Petani, SINGLE ORIGIN, tidak campuran dari daerah lain

KEMURNIAN YANG SEUTUHNYA! Pure Fulfilment Of Happiness!

Murni. Untuk menjamin kualitas dan kesehatan Anda.

.

Yang Terbaik Dari Toba.

Hutanta Coffee adalah roastery modern pertama di Kawasan Toba, yang sekaligus mengenalkan konsep café modern. Sehingga diawal kehadirannya pada tahun 2018 Hutanta Coffee langsung mendapat status produk unggulan dari Pemerintah Kabupaten Toba, yang mendapat fasilitas pengurusan Sertifikat Halal dari MUI dan juga BPOM


Biji Kopi Pilihan

Biji kopi Hutanta Coffee berasal dari kawasan Danau Toba yang bersih dan sejuk, tepatnya dari Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Berada diketinggian 900 hingga 1600 diatas permukaan laut. Kami hanya menerima biji kopi terbaik dari petani..

Diolah Dengan Proses Yang Baik dan Adil


Hutanta Coffee juga bekerjasama dengan kelompok Tani agar dapat meningkatkan kualitas kopinya melalui cara pengolahan yang tepat. Sehingga harga jual kopi juga bisa tinggi
Sudah mendapat sertifikat halal dari MUI, keseluruhan proses mulai dari petani, pengolahan biji, roastery, dan pemasaran sudah memenuhi standard yang baik.
Text

Pure Fulfillment of Happinesss. Murni, Tidak ada tambahan bahan lain selain Kopi

Menjaga komitmen kami menghadirkan kopi yan berkualitas, Kopi Hutanta tidak ditambah bahan lain apapun untuk pengawet maupun perasa. Hanya biji kopi pilihan untuk memberikan kepuasaan yang seutuhnya.

Jenis Kopi

Kopi Hutanta dikemas dalam 3 jenis kopi, berikut adalah penjelasan masing-masing jenis kopi tersebut

Arabica Toba Semiwashed

100% Arabica, dengan pilihan Medium Roasted dan Medium To Dark Roasted (MTD), di proses secara semiwashed. Cocok untuk espresso maupun manual brew

Arabica Toba Natural

100% Arabica pilihan, petik merah, Medium Roasted, di proses secara natural. Sensasi rasa wine nya sangat tepat disajikan dengan manual brew v60

Robusta

100% Robusta, Dark roasted, menghasilkan rasa pahit yang khas dan mantap. Cocok untuk kopi tubruk, vietnam drip, ataupun disajikan dengan creamer

Blend PF

Campuran Signature Arabica dan Robusta Hutanta Coffee yang menghasilkan rasa pahit sedang dengan tingkat keasaman yang nyaman. Cocok untuk tubruk, ice coffee, kopi creamer.

Hubungi kami ya...

Jika tertarik dengan produk dan layanan kami, atau butuh informasi lebih lanjut silahkan isi form di bawah ya...

Apa yang masih kami bantu?

Sampaikan kebutuhan anda disini, kami akan hubungi kembali secepatnya.

*Don’t Worry! We hate SPAM as much as you do!