Kopi apa yang sesuai untuk Jantung atau Lambung ?

Kopi apa yang sesuai untuk Jantung atau Lambung ?

Memiliki masalah kesehatan pada Jantung atau Lambung, tapi ingin tetap menikmati secangkir Kopi ?
Yuk, kita bahas perbedaan pada Beans atau Biji Kopi, dan yang mana saja yang dapat kamu konsumsi.

di Indonesia sendiri ada 3 jenis biji kopi yang sering dikonsumsi, ada Arabica, Liberica, dan Robusta.
mari sedikit membahas beberapa jenis Kopi ini.

Kopi Arabica,
Kalau membaca namanya, pasti kamu berfikir kenapa ada kata "Arab" disana, sedikit fun fact bahwa Kopi Arabica itu merupakan kopi pertama yang ditemukan bangsa Arab di Ethiopia, dan dikarenakan bangsa Arab yang menemukan dan menyebarluaskan jenis kopi ini, maka kopi ini dinamakan kopi Arabica.
Membahas pada basic taste yang dimiliki biji kopi ini, Arabica memiliki rasa yang cenderung asam dengan caffeine yang lebih rendah, hanya mengandung 0,4-2,4% dari total berat kering dan sebesar 1% bk untuk kopi Arabika sangrai.
olahan Menu dari jenis kopi ini sudah sangat beragam, umumnya kamu dapat menikmati kopi ini dalam sajian White Coffee, seperti Coffee Latte, Cappucino, Piccolo, dan lainnya.
Arabica juga dapat kamu temukan dalam seduhan manual di Slowbar seperti V60, dikarenakan Arabica memiliki keistimewaan tersendiri bagi penikmat kopi, memiliki After taste fruity yang khas dan Accidity yang berbeda setiap wilayah ( Toba, Lintong, Bali, Takengon, dll ).

Kopi Liberika,
Jenis kopi ini pastinya sangat jarang kamu dengar, karena ketidak stabilannya dalam berat banyak Petani yang meninggalkan jenis kopi ini, tak heran karna hanya akan memiliki berat 10% dari berat basahnya, Liberika memiliki ukuran biji yang lebih besar dibanding Arabica dan Robusta, karakteristik kopi Liberika cenderung mirip dengan Robusta ketimbang Arabika. Ada beberapa hal yang membedakan Liberika dengan Robusta. Saat kopi Liberika diseduh, akan tercium aroma buah dan bunga. Rasa yang dikeluarkan agak lebih 'woody'. Bahkan beberapa orang menggambarkan rasanya seperti tembakau.
kadar caffeine yang terkandung dalam Liberika hanya berkisar  1,12-1,26%, cenderung lebih stabil dibanding Arabica.

Kopi Robusta,
Menguasai hampir 30% pasar dunia, pastinya kamu sudah sangat akrab dengan sipahit yang satu ini, seperti namanya 'Robust' yang artinya kuat, Robusta adalah jenis kopi yang paling tahan terhadap hama, dipasar dunia harga robusta cenderung lebih rendah dibanding Arabica. 
diindonesia sendiri, kedatangan jenis kopi ini disebapkan oleh keinginan Belanda untuk menggantikan Arabica, yang pada masa itu Arabica adalah tanaman yang sangat mudah diserang Hama karat daun, akhirnya tanaman Robusta mulai banyak ditanam di Indonesia, dan dengan alasan tersebut Indonesia merupakan penghasil kopi Robusta terbesar setelah Vietnam dan Brazil.
kadar caffeine pada Robusta cenderung tinggi, berkisar pada  2,7% dengan rasa Pahit yang lebih pekat.
olahan Kopi ini lumayan sering kamu dengar, seperti Tubruk, Sanger, Vietnam dripp, dan lainnya.

Kembali kepada pembahasan awal, kopi yang dapat kamu nikmati jika memiliki masalah dengan Lambung atau Hati,
Jika kamu memiliki masalah dengan lambung, kamu tidak direkomendasikan untuk menikmati kopi jenis Arabica, karna kuatnya Accidity yang terkandung pada jenis kopi ini.

dan untuk kamu yang memiliki masalah dengan Jantung, kamu tidak direkomendasikan untuk menikmati kopi jenis Robutsa, karna tingginya kadar Caffeine yang terkandung pada jenis kopi ini.

tetap nikmati kopi dengan porsi dan jenis yang pas dengan kamu yah !,
kamu juga dapat memesan Kopi Arabica dan Robusta terbaik Toba yang di Roasting dan Proses dengan profesional, Klik Icon WhatsApp berikut untuk menghubungi kami :


Related Posts: