Jenis-Jenis Kopi

Kopi yang dikenal umum terdiri dari:

1. Kopi Arabika

Kopi arabika ini adalah kopi pertama yang ditemukan oleh bangsa Arab di Ethiopia. Karena bangsa Arab yang menemukan dan menyebarluaskan ke seluruh dunia maka kopi ini dinamakan kopi arabika.

Kopi arabika ini kopi yang paling populer di dunia. Pedagang kopi di dunia lebih banyak menjual kopi arabika dibandingkan kopi yang populer lainnya. Harga kopi ini juga terbilang mahal. Hal ini disebabkan karena perawatan dan penanamannya yang tidak mudah.

Kopi arabika ini memiliki karakteristiknya sendiri. Kopi ini warna hasil seduhannya tidak terlalu kental. Lalu rasanya pun dari tingkat keasaman kopi lebih tinggi daripada tingkat kafein di dalamnya. Kemudian kopi ini lebih wangi dan lebih kaya daripada kopi lainnya.

2. Kopi Robusta.

Kopi robusta ini adalah varietas dari kopi canephora. Selain robusta, varietas dari canephora ini adalah kopi nganda. Karena sebagian besar kopi canephora adalah varietas kopi robusta maka nama kopi robusta ini digunakan secara umum untuk kopi canephora.

Kopi robusta ini kuat terhadap hama, sehingga perawatannya pun mudah. Namun kualitas dan harganya lebih rendah daripada kopi arabika. Karena kuatnya kopi ini terhadap hama maka dijuluki robusta, robust memiliki arti kuat.

Robusta ini didatangkan oleh Belanda ke Indonesia untuk menggantikan kopi arabika. Pada masa itu kopi arabika terkena serangan hama karat daun. Karena banyaknya hama dan kopi robusta ini sangat kuat maka kopi robusta yang pada akhirnya di tanam di Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia menjadi penghasil kopi robusta terbesar setelah Vietnam dan Brazil. Kopi robusta di Indonesia ada sekitar 80% daripada kopi lainnya.

Karakter kopi robusta ini memiliki aroma yang kuat dan terasa kasar. Rasa dari kopi robusta ini juga lebih pahit daripada kopi lainnya. Oleh karena itu, kopi ini cocok untuk dicampur dengan susu dan coklat saat penyajiannya. Dapat dicampur susu dan coklat karena rasa kopi ini tidak akan kalah dengan rasa lainnya.

3. Kopi Liberika

Mungkin penikmat kopi sering mendengar kopi arabika dan robusta. Namun ada kopi lain yang juga populer dan diproduksi di komoditas dunia, yaitu kopi liberika.

Kopi liberika ini memiliki ukuran lebih besar daripada kopi arabika dan kopi robusta. Namun, setelah selesai dengan proses penjemuran, berat buah kering pada kopi ini hanya 10% dari buah basahnya.

Penyusutan berat kopi liberika sangat tidak disukai oleh petani karena biaya untuk panen menjadi lebih mahal. Karena hal tersebut produksi kopi liberika ini juga tidak sebanyak produksi kopi arabika dan robusta. Tingkat produksi kopi liberika ini hanya sekitar 1% sampai 2% dari kopi dunia.

Pada awalnya kopi liberika ini memiliki nama kopi excelsa yang hanya ada satu spesies. Namun pada tahun 2006 excelsa diresmikan sebagai subspesies dari liberika dan dikenal dengan nama ilmiah coffea liberica var. Dewwrei.

Share this Post:

Related Posts: