SASAGUN - SEMUA PASTI DIAM

SASAGUN - SEMUA PASTI DIAM

Jika ada yang bertanya kepada saya, "apa makanan ringan khas batak yang bisa buat kita nostalgia", saya pasti jawab Sasagun. karna Sasagun sangat akrab dengan sengala hal yang terjadi di Kampung Halaman.

Mengangkat sasagun dalam bentuk Filosofis

Sasagun ini akan selalu disertakan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang akan merantau, dan juga kepada mereka yang akan pulang keperantauan.
sasagun juga tidak jarang ditemui diacara khusus atau perayaan, seperti Natal atau Tahun baru.

Sasagun adalah makan ringan khas Batak, makanan ini dibuat dari tepung beras yang digongseng dengan kelapa dan dicampur dengan gula aren, atau rasa yang lebih vafiatif seperti Telur, Kacang, atau bahkan Andaliman (artikel berikut untuk penjelasan andaliman)
Saya ingin sedikit bercerita tentang menyenangkan dan nostalgia seputar makanan ini, dulu jika sudah mendekati acara atau perayaan khusus seperti Natal dan Tahun baru, dengan arahan orangtua, saya akan merendam 2 - 5 ( dua sampai lima ) liter beras, dan beras tersebut akan ditunggu se-malaman agar beras mengembang agar dapat digiling dengan baik keesokan harinya,
dulu, tidak semua orang memiliki mesin penggiling beras atau mungkin hingga saat ini. jadi disaat ingin menggiling beras, saya dan beberapa teman akan pergi kepusat kota, dimana tempat atau penyedia jasa penggilingan berada, jarak 2-4 KM ( kilo meter ) tidak akan ada apa-apanya, sembari bercerita dan tertawa dengan teman walau bawaan juga sedikit berat.
sesampainya ditempat penggilingan, beras akan ditimbang kembali untuk mengetahui biaya yang harus dibayar untuk menggiling beras tersebut, tidak mahal kita hanya perlu membayar Rp. 3,000 ( tiga ribu rupiah ) disetiap satu liter beras yang akan digiling.
sembari menunggu, biasanya tangan tidak akan berhenti menyomot atau mengambil beras, baik punya sendiri atau bahkan punya teman untuk dikunyah, karna waktu yang diperlukan dalam penggilingan 5 ( lima ) liter beras memiliki estimasi waktu 10 - 15 ( sepuluh sampai lima belas ) menit, 
setelah beras digiling, kami harus kembali berjalan kaki untuk pulang kerumah, jika ada pertanyaan kenapa tidak menggunakan angkutan umum atau angkot* pastinya bukan tampa alasan, uang yang dilebihkan untuk naik angkot akan digunakan untuk membeli jajanan atau snack seperti es atau chiki-chiki, 
perjalanan melelahkan 20 - 30 ( dua puluh sampai tiga puluh ) menit belum selesai sampai disana, masih ada kelapa yang harus diparut, untungnya tidak harus berjalan jauh lagi, karna tetangga memiliki mesin parut,
semua bahan yang diperlukan sudah ada, saatnya masuk pada proses penggongsengan, atau sangrai.
ya, Sasagun hanya memiliki dua bahan khusus, yaitu beras dan kelapa.
bahan ini akan diongseng bersamaan, dan harus tetap diaduk agar membentuk bulatan atau bulir walau sebagian besar dari sasagun masih dalam bentuk tepung beras.
tidak perlu api yang besar dalam memasak sasagun, penggunaan api kecil yang konsisten saja sudah cukup. jika tepung sudah memasuki warna sedikit kecoklatan dan sudah mulai wangi, matikan api dan tetap aduk diatas wajan hinga sasagun mulai dingin.
dan sasagunpun sudah dapat dinikmati,
dalam penyajiannya, sasagun akan dimakan dengan menambahkan gula pasir sebagai penambah rasa manis,
pada saat memakan sasagun, seketika seisi rumah akan menjadi pendiam.
memakan sasangun akan membuat kita menutup mulut untuk jangka waktu tertentu, berbeda halnya dengan memakan makanan lain yang dapat disisihkan kebagian mulut lainnya agar dapat bertanya atau menjawab pertanyaan.

 

Sekarang tamue tidak perlu melakukan proses panjang tersebut. Jika ingin menikmati sasagun anda bisa memesan langsung ke Batikta Hutanta Balige. Sebagai Pusat oleh-oleh terbaik Danau Toba telah memverifikasi produk UMKM unggulan dengan kemasan yang sudah sangat praktis, aman, dan mampu menjaga ketahanan makanan dalam kurun waktu yang cukup ditentukan.

Tamue tidak perlu khawatir membawa makanan ini sebagai oleh-oleh kepada teman yang akan bertemu kembali di perantauan, atau untuk dinikmati di perjalanan/di rumah.

 

tersedia aneka rasa dan juga sendok untuk mempermudah Tamue bisa langsung menikmati sasagun ini.

 

Sasagun Ukuran 500gram

Rp. 45.000,-

 

Sasagun Ukuran 250gram

harga 30.000,-

 

Pilihan rasa

  • Original
  • Gula Merah
  • Telur
  • Kacang

Untuk Order silahkan chat kami di WA dibawah ya.


Related Posts: