Tipa-tipa, Beras pipih khas Batak

Tipa-tipa, Beras pipih khas Batak

Apakah anda tahu apa Tipa-tipa ?
Kalau belum pernah lihat, kurang lebih seperti gambar berikut

Bentuknya yang pipih karna di Tumbuk, membuat makanan ringan khas batak ini pasti eye catching dan ngga puas kalau belum bertanya:

Ini apa dan cara makannya bagaimana??


Tipa-tipa adalah makanan yang khas yang berasal dari Porsea, Toba. Bentuknya agak keras dan berbahan dasar Beras atau Padi muda yang dipilih khusus, pada awalnya akan dibuat pada masa menjelang musim panen tiba, yang dimaksudkan sebagai ucapan syukur atas yang diberikan Tuhan. Selain itu juga sebagai makanan ringan untuk petani ketika memanen padi disawah,

Proses pembuatannya, padi akan direndam selama dua malam sebelum diolah. Setelah itu padi akan digongseng menggunakan api yang sedang dalam Gucci atau Kendi berbahan dasar Tanah liat sebagai pengantar suhu terbaik dalam mematangkan padi, selagi panas padi akan dikeluarkan dari dalam Kendi, dan akan ditumbuk hingga kulitnya terpisah dari padi itu sendiri,

Gambar. Proses pembuatan tipa-tipa secara tradisional

Penyajiannya biasanya tipa-tipa akan dicampur dengan gula pasir, garam atau parutan kelapa.

Tipa-tipa masih memiliki pembuat yang akan selalu menyediakannya tampa mengenal musim, pembuat tipa-tipa dapat parhuta temui dibeberapa desa dikawasan Toba, seperti Janjimatogu, Porsea, dan Siregar.

tipa-tipa batikta hutanta

Pada masa sekarang, parhuta tidak perlu menunggu musim panen tiba. Tipa-tipa bisa parhuta dapatkan dalam bentuk kemasan yang siap untuk dikirimkan kemana saja. Tentu rasanya tetap autentik, pengolahannya  juga higienis karena diproduksi oleh UMKM Toba yang telah mendapat PIRT dan pendampingan pengolahan pangan dari pemerintah.

Untuk order klik tombol dibawah ya, kami akan kirimkan ke alamat anda, dalam dan luar negeri.


Related Posts: