Mari cari tahu apakah kopi itu baik untuk kesehatan atau tidak

Pada umumnya kita mengenal 2 jenis kopi, Kopi Robusta dan Kopi Arabica.

Fakta Kesehatan Kopi

Jenis kopi yang umum dikenal adalah Robusta dan Arabica


Robusta, tumbuh di dataran lebih rendah, mulai dari 400mdpl. Adalah kopi yang paling disukai masyarakat Indonesia secara tradisional. Biasanya rasanya pahit karena disangrai gosong/dark roasted.


Arabica adalah jenis kopi yang hanya tumbuh di dataran tinggi/pegunungan, mulai dari 1200 mdpl. Umumnya disukai oleh negara-negara barat, dengan karakter rasa yang asam.


Kopi adalah minuman umum, yang kadar cafeinnya paling tinggi

Coklat, Teh, Soda, semua minuman ini memiliki kandungan cafein, tapi kopilah yang paling tinggi kadar cafeinnya. Dalam 1 cangkir kopi arabica (180ml), ada 100 mg cafein. Robusta memiliki kadar cafeinnya dua kali lebih besar. Diikuti teh 50mg.

Kopi Menghilangkan rasa Mengantuk

Apa efek cafein di tubuh?

Sejak kita bangun, tubuh secara perlahan membentuk Adenosin di otak, yang mana ketika jumlahnya sudah cukup banyak, maka akan memberikan efek mengantuk.

Ketika kita mengkonsumsi cafein, reseptor Adenosin ini di blok oleh cafein, sehingga rasa mengantuk hilang. Walau efeknya hanya sementara, setiap orang bisa merasakan efek cafein ini 2-4 jam. Setelah itu adenosin mulai terbentuk lagi, sehingga kita akan mengantuk lagi, dan perlu tidur.

Kopi Membuat Bersemangat


Cafein membuat pembuluh darah semakin kecil, sehingga tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin.


Efek Adrenalin adalah meningkatnya denyut jantung, meningkatkan pernafasan, meningkatkan tekanan darah, membuat sistem pencernaan semakin lambat. Hasilnya kita menjadi lebih bersemangat (excited).


Demikian juga kopi dipakai untuk program diet, karena melambatkan sistem pencernaan.

Kopi Membuat Rasa Senang


Kopi menyebabkan dilepaskannya neurotransmiter yang disebut dengan Dopamin. Dopamin adalah salah satu dari 4 senyawa yang mengaktifkan pusat kesenangan di otak.

Tidak menyebabkan peningkatan resiko terkena penyakit hipertensi dan penyakit jantung koroner



Kopi memang secara langsung meningkatkan tekanan darah kita dengan dilepaskannya adrenalin oleh tubuh. Namun dalam jangka panjang, telah dilakukan penelitian, bahwa orang yang minum kopi dan orang yang tidak minum kopi memiliki resiko yang sama untuk menderita hipertensi.


Namun, bagi yang sudah menderita hipertensi, perlu menjaga agar dosis cafein yang dikonsumsi tidak terlalu banyak/berlebihan.


Telah dilakukan penelitian juga bahwa orang yang meminum kopi arabica 3-5 cangkir sehari, dalam jangka panjang tidak meningkatkan resikonya untuk terkena penyakit jantung.

Kopi tidak menyebabkan dehidrasi



Minum kopi memang menyebabkan kita menjadi lebih sering buang air, tapi tidak akan menyebabkan dehidrasi.



Perlu diingat, walaupun telah minum kopi, kita tetap perlu memenuhi kebutuhan harian tubuh kita untuk minum air putih sekitar 2 liter/hari atau sekitar 8 gelas air (@250ml)

Kopi meningkatkan produksi asam lambung




Minum kopi memang tidak serta merta membuat kita terkena sakit maag. Tapi perlu diingat, pada saat kita mengkonsumsi kopi, cafein akan membuat hormon gastrin dilepaskan yang menyebabkan dinding lambung mengeluarkan asam lambung. sehingga orang-orang yang sensitif akan merasakan nyeri di ulu hatinya



Sehingga kalau kita menderita sakit maag, sebaiknya makan dulu sebelum mengkonsumsi kopi, sehingga gejalanya menjadi kecil.

Dosis aman minum kopi adalah 400mg cafein perhari



Dosis yang berbahaya adalah 0.015% dari berat badan. Artinya kalau berat badan adalah 80kg, jumlah cafein yang membahayakan adalah 0.015% x 80.000g = 12 gram.


Jika satu gelas kopi Robusta mengandung 200 mg kopi, maka untuk mencapai dosis berbahaya adalah meminum 60 gelas kopi.

Selama meminum 400mg cafein sehari, atau sekitar 2 gelas robusta atau 4 gelas arabica, maka tubuh akan baik-baik saja

Hubungi kami ya...

Jika tertarik dengan produk dan layanan kami, atau butuh informasi lebih lanjut silahkan isi form di bawah ya...

Apa yang masih kami bantu?

Sampaikan kebutuhan anda disini, kami akan hubungi kembali secepatnya.

*Don’t Worry! We hate SPAM as much as you do!