Kuliner di Pematang Siantar

Di Siantar kita dapat menemukan berbagai makanan yang enak- enak. Yang paling istimewa menurut saya adalah kwetiau, mie pangsit, mie gomak (spageti ala siantar). Tapi untuk halaman ini saya tidak membahas tentang makanan diatas melainkan tempat makan legendaris yang mempunyai menu andalan antara lain kopi dan roti atau tempat nongkrong yang asyik di Pematang Siantar. Yok kita Wisata Kuliner di Siantar

Film " Toba Dreams" tayang di Bengkulu

Karena permintaan yg besar dari masyarakat Bengkulu, film ToBa Dreams sudah ditayangkan di XXI Bengkulu, dan hari ini memasuki hari ke dua penayangannya. Mohon dishare kr teman-teman yang lain ya. Mauliate godang.

Memunculkan Kembali Semangat Kebudayaan Melalui Musik

Ada fenomena yang menarik ketika di tahun 2000an hingga saat ini. Banyak bermunculan musisi-musisi muda yang mengekplorasi karyanya dengan sentuhan kebudayaan tradisi atau etnik asal daerah mereka. Bahkan ada juga yang menyatukan berbagai unsur musik budaya etnik dari berbagai daerah. Berikut ini Hutanta akan membahas beberapa musisi berbakat Indonesia tersbut. Barangkali masih banyak Sahabat Hutanta yang belum mengetahui keberadaan mereka dengan berbagai karyanya yang sudah mendunia.

Brand Karya Anak Muda yang Begitu Cinta dan Bangga Indonesia

Rasa cinta dan bangga akan Indonesia bisa diwujudkan dengan berbagai cara, termasuk yang dilakukan oleh beberapa anak muda kreatif berikut ini. Mereka membuat brand dan berbagai desain menarik menceritakan tentang Indonesia, merah putih, Garuda Pancasila, hingga kekayaan dari Sabang sampai Merauke.

Sanskerta 2015: Nusantara Satu, Sukses Digelar

Sanskerta adalah acara akbar tahunan yang digelar oleh Student Board S1 Prasetiya Mulya dengan tujuan memperkenalkan kebudayaan Indonesia yang beragam melalui sebuah pertunjukan drama musikal.

Jogja Hip Hop Foundation: Hip Hop Sastrawi

Didirikan oleh Marzuki Mohammad a.k.a Kill the DJ tahun 2003, adalah Javanese collective hip-hop crew yang terdiri dari; Kill the DJ, Jahanam, dan Rotra, juga dikenal dengan akronim Ki Jarot. JHF adalah soundtrack kehidupan di Yogyakarta, kota dimana tradisi terus tumbuh ditengah laju modernisasi. Beat urban khas hip-hop dipadu dengan gamelan dan bahasa Jawa, yang beberapa diantaranya menghidupkan kembali sastra atau mantra tradisional, semuanya tercipta secara natural tanpa pretensi kontemporer dan dinyanyikan oleh berbagai generasi dari pelosok desa hingga pusat kota.

Pemuda Kreatif Manggung di Marihat

Acara ini dilaksanakan di restoran Wisma Gandaula, Jl.Melanton Siregar, Sabtu ( 5 /2015) pukul 15:00 Wib dengan 2 (dua) sesi pertunjukan, yang pertama modelling "Siantar Search Model" pendaftaran gratis, sesi kedua pukul 19 : 00 Wib panggung musik dan teater

 

Kebudayaan Batak dengan Sentuhan Mode Masa Kini

Batik sebagai warisan kebudayaan nusantara sudah diakui dengan penetapan UNESCO pada 28 September 2009 dan dikukuhkan 2 Oktober 2009 di Perancis. Berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke menyumbangkan masing-masing ciri khas motif batik yang membuat keragaman khasanah warna budaya Indonesia begitu kaya. Sekelompok anak muda yang merupakan satu keluarga mengembangkan batik Batak dengan sentuhan mode masa kini. Simak kisahnya berikut..

Tokoh Mendunia Yang Sering Menggunakan Batik

Batik tak hanya menjadi motif kebanggaan Indonesia. Peninggalan yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia ini ternyata juga diminati oleh tokoh dunia. Tak hanya mengenakan baju batik untuk menghormati Indonesia saat berkunjung ke Tanah Air, mereka juga memakainya saat bertandang ke negara lain. Berikut para tokoh tersebut:

Pemutaran Film Another Trip To The Moon di Kineforum Jakarta

Another Trip To The Moon adalah karya film panjang pertama sutradara Ismail Basbeth asal Yogyakarta. Film hasil kolaborasi produksi Hide Project Films dan Bosan Berisik Lab tersebut berhasil menjadi salah satu nominasi Hivos Tiger Awards di ajang International Film Festival Rotterdam 2015. Another Trip To The Moon adalah film drama fantasi yang bertutur menggunakan pendekatan bahasa visual surealis. Memerlukan pemaknaan mendalam ketika menonton karya sutradara yang sebelumnya lebih banyak berkarya melalui medium film pendek ini.

23 tahun Konsisten, Yayasan Soposurung menerima ANUGERAH PEDULI PENDIDIKAN 2015

”Bangga dengan penghargaan yang diterima Yasop, dan terimakasih tentu saja karena komitmen Yasop untuk pendidikan diapresiasi langsung oleh Kemendikbud. Kami alumni yang telah mengecap pendidikan selama tiga tahun di Asrama Yasop masih terus dibina dan dibimbing langsung oleh orangtua kami, Bapak TB Silalahi, sampai sekarang. Secara rutin ada pertemuan alumni dengan Pak TB baik di asrama maupun di kota tempat kebanyakan alumni berada, beliau selalu menyampaikan pentingnya karakter dalam membentuk kepribadian setiap alumni. Semoga kami alumni akan dapat terus komitmen melanjutkan semangat dan kepedulian beliau terhadap pendidikan dari semua aspek sesuai bidang kami alumni di profesinya masing-masing.”

 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Eko Indra Pardede, Direktur Utama dari PT. Lamuro Prima Pratama yang menaungi unit bisnis Hutanta.com, yang juga adalah alumnus Yayasan Soposurung angkatan ke-8.

Sore Ini, Panggung Kreatif Untuk Siantar

Untuk Sahabat Hutanta, hari ini yuk hadiri Panggung Kreatif untuk Siantar digelarkan di Wisma Gandaula, Jalan Melanthon Siregar, Pematang Siantar (Sabtu 5 Desember 2015)

 

Panggung Kreatif 4 Siantar Pentaskan Puluhan Talenta Muda

“Kami bangga ternyata anak muda Siantar banyak yang kreatif, ini dibuktikan dengan kegiatan kita hari ini, puluhan talent-talent muda berbakat tampil dengan baik, dan sangat menghibur,” kata Trisna Pardede penangung jawab Hutanta.com yang juga penangung jawab dan  pendukung acara  pemuda kreatif.

Bali Unite Festival Akan Diadakan Pada Bulan Juli

Sebuah festival unik yang mengedepankan konsep ramah lingkungan akan dilangsungkan di lokasi yang masih sangat jarang menjadi tujuan wisatawan di Bali. Festival yang berisi berbagai bentuk kesenian yang menyatu dengan lansekap indah tersebut bertajuk Bali Unite Festival. Perhelatan festival itu akan berlangsung selama tiga hari pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2015 mendatang. Lokasi yang digagas adalah 7 Temples yang ada di daerah Karangasem.

Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas 2015

Sebagai perayaan rutin setiap tahun di mana para sastrawan menyatu dengan para perupa Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas selalu ditunggu-tunggu.  Tahun ini para perupa berasal dari beragam usia, baik perupa muda seperti Rahardi Handining, Putri Fidhini, I Wayan Suja, maupun perupa-perupa senior seperti Sunaryo, Bambang AW, Samuel Indratma, dan Yuswantoro Adi. Keberagaman usia itu telah pula memberi keberagaman corak dan gaya.  Di situlah justru kekuatan pameran yang dimulai dari narasi sastra.

Kemeriahan Seni Lewat Festival ORDE BARU OK. Video

Festival seni media berskala internasional, OK. Video – Indonesia Media Arts Festival, kembali hadir. Ini merupakan festival ketujuh yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali sejak diadakan pertama kali pada tahun 2003. Galeri Nasional Indonesia kembali mendukung perhelatan OK. Video tahun ini sekaligus menjadi lokasi utama penyelenggaraan festival. ORDE BARU OK. Video – Indonesia Media Arts Festival 2015 akan diselenggarakan pada 15 – 28 Juni 2015.

Teater Garasi Akan Mementaskan Puisi Sapardi Djoko Damono

Penikmat sastra tentu sudah tidak asing dengan nama penyair Sapardi Djoko Damono. Penyair dengan salah satu puisinya yang sangat terkenal berjudul “Yang Fana Adalah Waktu”. Teater Garasi, salah satu komunitas teater di Jogja yang sudah berkarya sejak 1993 akan mementaskan pertunjukan bertajuk “Yang Fana adalah Waktu Kita Abadi” (YFaWKA)

Mempelajari Batik Lewat Film Batik Our Love Story

Batik Our Love Story adalah karya film dokumenter dari Nia Dinata, salah satu sutradara perempuan ternama Indonesia yang terbiasa bekerja merangkap juga sebagai produser. Film yang diproduksi pada tahun 2011 tersebut merupakan dokumenter tentang sejarah perjalanan kain batik Indonesia. Seperti kita ketahui, Indonesia punya banyak sekali kekayaan tradisi dari masa silam termasuk juga kain batik dengan ragam motifnya.

Festival Printemps Francais 2015

Sejak 15 Mei Institute Francais d'Indonesie (IFI), yang merupakan pusat kebudayaan Prancis di Indonesia mengadakan gelaran perayaan berbagai seni visual dan seni pertunjukan hingga 16 Juni mendatang. Festival seni yang sudah rutin digelar setiap tahun tersebut bernama Printemps Francais. Gelaran ini sudah merayakan ulang tahun yang ke-10 pada 2014, tahun 2015 adalah awal dekade keduanya.

Es Krim Cacing di Pematangsiantar

Halo Sahabat Hutanta, kali ini Hutanta akan membahas tentang es krim dalam pot berisi jeli/agar-agar dibuat serupa cacing yang lagi naik daun di kota Pematangsiantar. Ada beberapa kedai di Siantar yang menjual es krim cacing (choco pot) ini.

Ternyata Patung Dewi Kwan Im Terbesar di Asia Tenggara?

Kota Pematang Siantar adalah Kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah kota Medan ini, adalah kota yang memiliki daya tarik wisata tersendiri, tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Sumatera Utara. Jika anda datang ke kota Pematangsiantar, salah satu objek wiasata yang saya rekomendasikan dan saya banggakan di kota ini adalah sebuah patung dewi Kwan Im.

Trik dan Tips untuk Mengambil Gambar yang Bagus dengan Ponsel

Mengambil gambar sekarang sangat mudah dan menyenangkan. Sekarang, kebanyakan ponsel punya kamera di dalamnya dengan resolusi yang, hanya beberapa tahun lalu, berharga ratusan bahkan jutaan rupiah. Kita tidak perlu khawatir membuang-buang rol film dengan kamera digital, sangatlah mudah mengambil banyak gambar sampai Anda mendapatkan gambar yang tepat. Dengan kamera ponsel di saku baju atau tas Anda, Anda siap mengambil foto ketika momen sempurna itu tiba.

Motor Antik di Pematang Siantar

Becak dengan tenaga kuda. Mungkin itu bisa disematkan pada becak di daerah Pematang Siantar, Sumatera Utara. Sebab becak ini bukan sembarang becak, tapi kendaraan seperti becak yang nempel di pinggir ditarik dengan kendaraan sisa Perang Dunia II. Becak bermesin di kota ini berbeda dengan becak bermesin di tempat mana pun. Sepeda motor yang digunakan rata-rata merupakan bekas tunggangan pasukan sekutu di PD II, bermerek BSA. Asli Siantar punya

Foto Pematangsiantar Tempo Doeloe

Bagi orang Siantar mungkin banyak sekali yang penasaran dengan suasana Siantar tempo dulu. Berikut Sahabat Hutanta bisa lihat berbagai sudut kota Siantar tempo dulu. Yuk kita tengok..

Jusuf Kalla Puji Cerita Film `Toba Dreams`

"Bagus, luar biasa ya. Filmnya mencakup berbagai sisi kehidupan, ada humanisnya juga, harmoni agama. Saya suka filmnya," puji JK usai nonton bareng bersama sejumlah artis dan bintang `Toba Dreams`.