Kuliner di Pematang Siantar

February 24 2016
Toko Roti Ganda Jalan Sutomo Siantar

Salam Hutanta- Berlibur ke Siantar, jangan sampai melewatkan menikmati tujuan Kuliner di Siantar berikut ini:

Di Siantar kita dapat menemukan berbagai makanan yang enak- enak. Yang paling istimewa menurut saya adalah kwetiau, mie pangsit, mie gomak (spageti ala siantar). Tapi untuk halaman ini saya tidak membahas tentang makanan diatas melainkan tempat makan legendaris yang mempunyai menu andalan antara lain kopi dan roti atau tempat nongkrong yang asyik di Pematang Siantar.

1. KEDAI KOPI SEDAP

 

Kedai ini sudah ada sejak tahun 1939, hanya setelah melakukan renovasi besar-besaran di tahun 2000an barulah kedai ini mulai ramai dan terkenal.

Lokasi Kedai Kopi Sedap berada di jalan utama kota Siantar yaitu di Jalan Soetomo No. 97. Tempatnya enak untuk dijadikan tempat nongkrong dan ngobrol dengan teman sambil menghirup segelas kopi. Makanan yang disediakan di warung ini antara lain roti panggang selai srikaya atau selai keju dan kopi hitam atau kopi susu.

Roti panggang selai srikaya nya lembut dan enak, rasanya khas sekali. Kita dapat memesan selai srikaya nya untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Untuk ukuran setengah kilo dihargai Rp. 45.000,- dan sekilo Rp. 90.000,- Selai srikaya dapat bertahan selama seminggu jika ditaruh di ruang terbuka dan sebulan jika ditaruh di lemari es.Sedangkan kopi racikan dari toko ini sebungkus seberat setengah kilo dihargai Rp. 35.000,-

2. TOKO ROTI GANDA

Tidak beberapa jauh dari Keai Kopi Sedap (hanya beda 3 toko) kita dapat menemukan Toko Roti Ganda. Toko Roti ini rasanya sudah lama sekali ada di kota Siantar dan sangat terkenal. Dari depan toko sudah banyak sekali pengunjung mengantri untuk mendapatkan roti pesanan mereka.

Toko roti ini menyediakan berbagai macam jenis roti, kue, selai srikaya dan jajanan pasar. Dan harga roti yang ada disini relatif aman di kantong. Untuk satu loyang roti tawar besar dengan isi selai srikaya ataupun meises dihargai 15.000,-. Rotinya dibelah dua lalu diisi selai dan dibungkus untuk dibawa pulang.

Selain roti isi srikaya ataupun meises, kita dapat memesan kue kotakan seperti ini. Antara lain ada lapis legit, lapis surabaya, kue bolu, bika ambon, kue pelangi dan lain-lain.

3. SIANTAR SQUARE

 Jika di malam hari kota siantar sangat sepi, sekitar jam 9 malam saja rasanya seperti berada di kota mati. Karena kebanyakan toko sudah tutup dan tidak melayani pengunjung lagi. Tetapi beberapa tahun ini saya melihat beberapa area khususnya Jalan Soetomo masih ramai dan dijadikan tempat tongkrongan anak muda.

Salah satu nya adalah Siantar Square, disini berjejeran warung yang hanya melayani pengunjung di malam hari. Suasananya ramai dan makanan yang disajikan di tempat ini enak-enak. Kebetulan saya pulang larut malam dan perut pun melilit karena lapar.

Akhirnya kamipun singgah di area ini dan masuk ke salah satu warung yaitu Cafe Pattaya. Pengunjungnya sangat ramai dan kebanyakan yang datang adalah anak muda ataupun mahasiswa yang hendak mencari makan malam. Cocok untuk nongkrong dan ngumpul bersama teman.

4. Mie Pangsit

cobalah jalan-jalan ke Simpang Empat, disana banyak Restoran yang menyajikan Mie Pangsit Siantar. Porsinya standar kok. Selain itu, di jalan Sutomo, Merdeka dan di jalan-jalan protokoll lainnya masih ada restoran yang menyajikan Mie Pangsit. Pokoknya... uenakkkkkkkkk tenan.... Penasaran nih... Coba saja... dijamin MAKYUS.

5. Kedai Kopi Kok Tong

Kedai Kopi Kok Tong merupakan kedai tertua di Pematang Siantar yang menurut informasi telah berdiri sejak tahun 1925. Kedai kopi ini terletak di Jalan Cipto 115 Pematang Siantar yang juga berada tak jauh dari Toko Roti Ganda.

Di Kedai Kopi Kok Tong, sobat traveler dapat menemukan berbagai kopi seperti kopi susu, kopi robusta, dan makanan penggaanjal perut seperti mie ayam, bubur, dan bakpao. Yang wajib sobat traveler coba di kedai ini adalah kopi robustanya yang sedap.

 

Sumber:https://adelinatampubolon.wordpress.com/2013/12/20/kuliner-pematang-siantar/, http://www.becaksiantar.com/2012/09/mau-ke-siantar-jangan-lupa-makan-mie.html

 , http://www.travelmatekamu.com/2015/02/01/3-tempat-kuliner-yang-bisa-dicoba-saat-ke-pematang-siantar/

Di Siantar kita dapat menemukan berbagai makanan yang enak- enak. Yang paling istimewa menurut saya adalah kwetiau, mie pangsit, mie gomak (spageti ala siantar). Tapi untuk halaman ini saya tidak membahas tentang makanan diatas melainkan tempat makan legendaris yang mempunyai menu andalan antara lain kopi dan roti atau tempat nongkrong yang asyik di Pematang Siantar. Yok kita Wisata Kuliner di Siantar

Share this post
Oleh: Maria

Karya Lain