Dibalik Pilkada, Ada Trisna Pardede Sukses

February 24 2016

Tak dapat dipungkiri ajang Pemilihan kepala daerah di Siantar banyak memunculkan pemuda-pemuda kreatif di Siantar. Untuk mengapai kesuksesan para pemuda-pemuda itu ada seorang yang selalu hadir dibalik layar, banyak yang melihat, tapi jelas sedikit yang tahu siapa dan bagaimana sebenarnya peran seorang perempuan energi ini dibalik gebyarnya panggung kampanye akbar Wesly Silalahi – H.Sailanto (WesTo) , Sabtu (21/11/2015).

“Maka bermunculanlah para pemuda kreatif di Siantar, mulai panggung kecil ukuran puluhan orang, sampai panggung besar yang dihadiri puluhan ribu orang, Anak Siantar itu oke punya, diasa terus, dan terus diasa, akhirnya mereka dapat mampu menunjukan talentanya diatas panggung sekelas artis Judika, Siantar memang kota berbakat,”kata Trisna Pardede tim kreatif Wesly Silalahi Center kepada www.lintaspublik.com, Rabu (2/12/2015) jalan Cemara 11 Pematangsiantar.

Euphoria itu pun menjadi magnet bagi masyarakat Siantar, khususnya talent-talent muda di Siantar, mulai dari Trio Agape, Trio Gelora, Simanjuntak Star Trio, Galaxy Trio, The Symphony Project Band, Future Stars Modelling, Studio 451, Kyoto and Friends dari Sanggar Kreatif Naposo Nauli (SKNN) Tomuan, SRF, Jessica and Friends, Bang Gondrong, Barongsai dari Etnis Tionghoa, Campur Sari dari Pujakesuma. MC nya pun asli dari Siantar, Rio Anca Damanik dan Zuzu yang sangat berbakat.

Melihat banyaknya pemuda kreatif yang semakin banyak muncul dipanggung besar, penulispun akhirnya menghampiri Trisna Pardede, orang dibalik panggung dan sukses menghantarkan pemuda kreatif sekota Siantar menjadi pemuda yang produktif dan mendapat tempat cukup profesional sepanggung dengan artis ternama (Judika Sihotang).

Siapa Dibalik Kampanye Akbar Wesly Silalahi , Hingga Sukses Menghantarkan Pemuda Siantar Dapat Manggung Bareng Judika Sihotang?

Pengerjaan detail kampanye akbar Westo diprogramnya hanya sekitar 1 (satu) Minggu, Ketua Umum Kampanye Halasan Sitorus, Bendahara Daniel Sianturi, Koordinator Acara dan Kreatif saya sendiri Trisna Pardede. Dan pengerak massa dipandu para kordinator setiap kelurahan, dan pengarah dari pengurus partai.

Trisna Pardede saat kordinasi dengan ketua tim kampnye
Halasan Sitorus / lintaspublik.com
Kita yakin walau memperbanyak artis lokal itu membosankan, tapi karena didesains cukup matang selera masyarakat Siantar, acara tidak kaku dan satu hari itu mulai acara sampai selesai semuanya cukup kreatif. Kami hanya membawa Judika Sihotang, yang memang hadir atas kedekatan kekeluargaan dengan Bapak Wesly dan punya basis massa terbesar di Siantar.

Trisna Pardede saat kordinasi dengan ketua tim kampnye Halasan Sitorus

“Saya hanya berpikir apa lagi-apa lagi, yang harus ditampilkan, biar masyarakat tetap fokus ke panggung dan terhibur, yah itu tadi pemuda Siantar memang kreatif, tak ada satupun yang mempermalukan tim, walau ada yang perdana manggung di pentas yang dihadiri puluhan ribu penonton, kelihatan semua sudah profesional ,”ucap Trisna menghela nafas, dibelakang panggung banyak yang pegang jantungnya, terasa mau copot katanya.

Ngak Takut Pakai Artis Local Acaranya Bisa Gagal?

Itulah hebatnya warga Siantar. Warga Siantar sangat menghargai karya dan kreatifitas dari warga siantar itu sendiri. Mungkin anda tidak percaya, mereka itu semua punya basis fans yang besar dan sangat loyal. Inilah yang saya lihat dan saya analisa merupakan kekuatan Siantar yang terakomodasi dengan baik sejak kita banyak mendukung kegiatan kepemudaan dan seni yang melibatkan banyak kelompok pemuda. Dari sini saya memahami bahwa potensi seni dan kreatifitas di siantar itu LUAR BIASA!

Luar Biasa Maksudnya apa ?

Luar biasa di semua bidang, Anak Siantar itu Cerdas-cerdas kalau digali talent-talentnya, anak Siantar itu Cinta budaya, anak Siantar itu hormat sesama dan orang tua.
Bayangkan saja, dimana anak-anak (pemuda kreatif) manggung, pasti banyak orang tua yang beri suport buat anak-anaknya, bukan itu saja bahkan, anak-anak ini mengajak kawan dan saudara-saudaranya, keakraban itu sangat terasa bagi saya, walaupun baru mengenal mereka. Siantar itu butuh sentuhan bapak yang kreatif, ibu yang mendukung.

Apa Susah Mengundang Mereka Semua Dalam Satu Acara?

Group Campur sari tampil dalam kampanye Akbar
Wesly Silalahi - H. Sailanto / libtaspublik.com


Pada awalnya ada beberapa kendala pada saat ingin mengumpulkan mereka dalam satu pangggung. Hal ini karna kadang masih ada kecenderungan artis tertentu tidak mau tampil jika ada artis lain yang tampil yang acara yang sama. Di acara kali ini kita ingin membuktikan bahwa jika para seniman siantar bisa bersatu, akan menghasilkan sebuah hal yang luar biasa. Terbukti, meskipun belum seluruh seniman siantar yang tampil pada acara kemarin, warga siantar sangat antusias untuk melihat acara itu. Saya percaya ke depan bahwa acara kemarin bisa menjadi acuan kesuksesan seniman siantar jika bisa bersatu, Siantar itu gudangnya pemuda kreatif yang harus munculkan ke publik.

Siapa Penanggungjawab Komunikasi WSC Dengan Seluruh Pengisi Acara?

Saya memimpin Team untuk berkoordinasi dengan mereka. Mulai dari mereka sudah tau jadwal manggung, lagunya apa, checksound, penyesuaian lirik, sampai mereka sudah ada di panggung itu berada dibawah koordinasi saya.

Apakah Acara Berlangsung Sesuai Rencana Yang Sudah Disusun Sebelumnya?

Acaranya banyak berubah di hari H karna menyesuaikan dengan berbagai hal yang terjadi di lapangan. Sebagai penanggung jawab acara, step by step acara yang serba mendadak saya pastikan bisa berjalan terus agar tidak ada kekosongan di Panggung.

Termasuk juga cerita tentang Judika. Karena menyesuaikan acara, Judika bersedia tampil 4 sesi untuk pertama kalinya. Ini dia yang membuat warga siantar bisa menikmati performa Judika lebih banyak pada acara itu. Semua senang.

Aku juga puas dapat menampilkan Judika 4 sesi, dan itu dapat bertautan langsung dengan sesi acara lainnya, ya sekali lagi, anak Siantar benar-benar kreatif, dapat mengikuti gaya panggung profesional sebenarnya.

Setelah acara apakah ada masalah yang dihadapi?


Pelangi terlihat dalam acara kampanye Akbar Wesly Silalahi - H. Sailanto
/ lintaspublik.com
Setelah acara tidak ada masalah yang dihadapi. Semuanya antusias dan senang. Artis , para talent Siantar, senang karna berkesempatan tampil di panggung dengan penonton yang mencapai 20.000 orang. Banyak yang tadinya hanya akan menyanyikan 2-3 lagu, karna melihat antusias penonton akhirnya mereka menambah lagi penampilan mereka sampai 5 lagu. Warga yang datang memang sangat LUAR BIASA!, jadi lagunya juga luar biasa, dan itu semua dipersembahkan pemuda kreatif Siantar.

Ada komentar terakhir tentang acara ini?

Saya mendengar adanya cibiran kalau kehadiran masyarakat sebatas ingin menonton Judika, hanya perlu digarisbawahi pasangan Calon hadir pukul 14.00 Wib, sebelum Judika datang, dan pada saat mereka datang ribuan masyarakat menyambut kehadiran mereka dan turut mengiringi perjalan Bapak Wesly dan Sailanto dari pintu masuk lapangan Adam Malik di Jl. Sudirman hingga sampai ke atas Panggung. Masyarakat dengan semarak meneriakkan “WESLY SILALAHI WALIKOTAKU, WESTO MENANG!” sambil memberikan salam 4 jari.

Saya orang kreatif, bukan politikus. Tetapi bersama di dalam tim Wesly, saya sangat merasakan dukungan Pak Wesly Silalahi terhadap kegiatan kepemudaan dan kreatifitas. Kesempatan langka seperti ini sangat saya syukuri. Saya berharap agar masyarakat Siantar memberikan kesempatan kepada beliau untuk melanjutkan karya-karyanya ke depan. Mewujudkan Siantar Cerdas Aman Sejahtera, dan mewujudkan Siantar yang kreatif, karena Pemudanya cukup kreatif.

"WesTo untuk Siantar, Siantar bangga punya WesTo,"tutur Trisna mengajak pemuda Siantar terus kreatif bersama Wesly Silalahi dan H. Sailanto.

BACA JUGA : Demi Siantar dan WeSto,Judika Sihotang Katakan Pertama Kali Bernyanyi Sebanyak Ini

Ditempat berbeda Simsim Sitohang, S.Kom ketua Pemuda Kreatif Kota Pematangsiantar ketika dijumpai di simpang 4 kota Pematangsiantar ketika dimintai komentarnya tentang panggung untuk Pemuda Kreatif mengatakan, Sangat berterimakasih kepada tim kreatif Wesly Silalahi yang dikomandoi Trisna Pardede, semua masukan dan usulan para pemuda dapat dimatangkan di “mejanya”.

“Saya bangga bisa dapat berkenalan dengan Trisna Pardede, melalui bapak Wesly Silalahi. Orangnya sabar membimbing tim pemuda, sebenarnya banyak kendala dan tantangan kami hadapi untuk menampilkan para pemula-pemula dipanggung yang cukup besar, tapi ditangannya semua sukses, dan bukan sukses saja, tapi sudah banyak lahir talent-talent muda di Siantar, akibat polesan tangannya, Trisna memang Siantar banget,”kata Simsim Sitohang yang selalu kompak dalam pengembangan ide-ide kreatif untuk pemuda Siantar, bersama Trisna Pardede dibalik suksesnnya penampilan pemuda kreatif pada pesta demokrasi Pilkada Siantar bersama WesTo.


CURRICULUM VITAE

Name : Trisnayanti Pardede
Nick Name : Trisna
Place, date of birth : Balige, 17 July 1986
Sex : Female
Religion : Protestant
E-mail : pardede.trisna@gmail.com
Phone Number : +6281320126684
Hobby : Reading, Listening Musics, Watching Movies


FORMAL EDUCATION

Kindergarten : TK St. Theresia, Balige (1991-1992)
Elementary School : SD RK San Francesco, Balige (1992-1998)
Junior High School : SLTP Negeri 4, Balige (1998-2001)
Senior High Scholl : SMU Negeri 2, Balige (2001-2004)


UNIVERSITY :

1. Faculty of Literature, Padjadjaran University (2004-2006)
Bachelor Degree
Major : France
GPA : 3.5 (out of 4)

2. Faculty of Economics, Padjadjaran University (2006 - 2010)
Bachelor Degree
Major : Management
GPA : 3.82 (out of 4)

3. Faculty of Economics, Padjadjaran University (2011 – presents)
Master Degree
Major : Science Management
GPA : 3,66 (out of 4)


SKILLS :


1. English
Toefl Score : 522

2. France
Delf : A2, note finale 88,50 (out of 100)


ORGANIZATION EXPERIENCES

1. SD RK San Francesco
As Chief of class (1995-1998)

2. SLTP Negeri 4, OSIS
As the treasury (1999-2001)

3. SLTP Negeri 4, Student Cooperative ( Koperasi Siswa)
As The Treasury (1999-2001)

4. SMU Negeri 2, OSIS
As the member of the Discipliner Team (2001-2002)
As Head of School Medical Team (2002-2003)

5. Asrama Yayasan Soposurung, SENAT SISWA
As the member of Educational Team (2001-2003)
As the Treasury of SENAT (2003-2004)

6. Faculty of Literature,UNPAD
As the member of France Student Society (HIMAPER) (2004-2006)
As the representative of HIMAPER in Student Legislative (BPM) (2006)

7. Faculty of Economic, UNPAD
As the Assistant of Secretary in Management Student Society (2007-2008)
As the Secretary in Management Student Society (2008-2009)

8. FINANCIAL MARKET COMMUNITY UNPAD
As a member (2007- now)

 

COMMITTEE EXPERIENCES
1. Masa Penerimaan Mahasiswa Baru Perancis 2005
As member of Dicipliner Team (Agustus 2005)

2. MIT - Management In Togetherness 2006
As Coordinator of Medical Team ( December 2006)

3. PLATFORM 2007
As staff of Team Consultant ( September 2007)

4. LKKM 2008
As a treasury ( February 2008)

5. FEARLESS 2008
As Coordinator of Divisi Konsumsi ( May 2008 )

6. OPEN HOUSE MANAGEMENT STUDENT SOCIETY
As a secretary ( October 2008)

7. BURSA KERJA KARIR-UP
As Stand Coordinator ( October 2008 )

8. ALL PROGRAMS AND PROJECTS OF MANAGEMENT STUDENT SOCIETY 2008/2009
As Steering Committee (Juni 2008 – Mei 2009)

9. The First International Seminar on Entrepreneurship and Societal Development in Asean
As Coordinator of Host Organizer ( August 2009)

10. Forum Dekan Fakultas Ekonomi PTN Se-Indonesia 2009
As Student Coordinator of Materi Team (Oktober 2009)

11. Sidang Pleno ISEI XIV 2010
As Student Coordinator ( July 2010)


WORK EXPERIENCES

1. Teaching Assistant of Management Strategic in Faculty of Economics UNPAD ( Agustus 2009 – September 2010)

2. Master Community of Electronic Voucher (January 2010 - presents )

3. Owner (Franchisee) of Goodtea Bandung (Maret 2010 – Agustus 2010)

4. Business Development of VOX, PT. Antar Mitra Prakarsa (Januari 2011 – Agustus 2011)

5. Executive Manager of BATIKTA, PT. Lamuro Prima Pratama (Oktober 2011 – presents)

6. Creative Content Manager of Dahlan Iskan Communication Centre, DICC (2014)

7. Tim Dahlan Iskan Communication Centre, tim pemenangan pusa

 

SEMINARS. WORKSHOP, AND TRAINING
1. One Day Seminar : “Kajian Ekonomi Jawa Barat” (3 Maret 2007)
Held by Student Legistative of Faculty of Economics of Universitas Padjadjaran

2. Seminar “To Improve the Great Business Skills” (24 Mei 2008)
Held by MSS of Faculty of Economics of Universitas Padjadjaran

3. Seminar and Training “Financial Clinic – Prospek Perdagangan Berjangka Dibandingkan Bisnis Riil” (22-23 Octobre 2008)
Held by MSS of Faculty of Economics of Universitas Padjadjaran

4. Workshop “University of Indonesia Comparison Trip” and “Company Visit to Bank Mandiri” (18 November 2008)
Held by MSS of Faculty of Economics of Universitas Padjadjaran

5. Workshop “Flexi in Performance” (26 Novembre 2008)
Held by MSS of Faculty of Economics of Universitas Padjadjaran

6. Workshop “Build Your Future Career – Nestle Workshop” (11 December 2008)
Held by AISEC Bandung

7. Seminar Keuangan Syariah “Keunggulan Komparatif Produk-Produk Syariah Dibandingkan Produk-Produk Konvensional” (3 April 2009)
Held by MSS of Faculty of Economics of Universitas Padjadjaran

8. Seminar EOCONOMIST (20 April 2009)
Held by MSS of Faculty of Economics of Universitas Padjadjaran

9. Seminar dan Simulasi Pasar Modal 2009 (28-29 April 2009)
Held By Financial Market Community of Faculty of Economic, UNPAD

10. Seminar Strategi Pemasaran Telekomunikasi dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (19 May 2009) Held by MSS of Faculty of Economics of Universitas Padjadjaran

11. Continously Trainings and Workshop as Member of Financial Market Community, Faculty of Economics, UNPAD (2007-2009) Herewith the theme of each trainings and workshop :
1. Financial Market Introduction
2. Market Share Introduction
3. Technical and Fundamental Analysis of Market Share
4. Introduction of Bonds and Reksadana
5. Financial Market Simulations
6. FOREX Simulations

12. International Seminar “Dynamic Exchange Students In Region of Asia Africa” Held by Magister Management of UNPAD ( 18 November 2011).

Dibalik Pilkada, Ada Trisna Pardede Sukses Lahirkan Pemuda Kreatif di Siantar

Share this post
Oleh: Maria

Karya Lain