Pemutaran Film Another Trip To The Moon di Kineforum Jakarta

February 19 2016

Another Trip To The Moon adalah karya film panjang pertama sutradara Ismail Basbeth asal Yogyakarta. Film yang didukung pendanaanya oleh Hubert Bals Fund tersebut berhasil menjadi salah satu nominasi Hivos Tiger Awards di ajang International Film Festival Rotterdam 2015. Another Trip To The Moon adalah film drama fantasi yang bertutur menggunakan pendekatan bahasa visual surealis. Memerlukan pemaknaan mendalam ketika menonton karya sutradara yang sebelumnya lebih banyak berkarya melalui medium film pendek ini.

 

Film Another Trip to the Moon berkisah tentang perjalanan magis dan sureal dari Asa. Asa berjuang demi kebebasannya untuk memilih jalan hidupnya sendiri dari kekangan ibundanya yang merupakan seorang dukun. Dalam perjalanan pencarian kebebasannya Asa bertemu dengan Laras yang menjadi temannya berbagi banyak hal. Sepanjang film, penonton tidak akan menemukan satu pun dialog pada adegannya. Jalan cerita hanya divisualisasikan lewat gerak dan ekspresi wajah. Maka tidak salah jika film ini berbeda dari film kebanyakan yang seringkali mendikte peonton lewat jalan ceritanya. Seperti kebebasan yang diperoleh Asa pada akhir cerita, sebebas itu pula penonton dapat mengintepretasikan setiap adegan dan simbol yang ada dalam film tersebut. Sutradara Another Trip to the Moon Ismail Basbeth menuturkan film ini menempatkan penonton dan sutradara sejajar. Penonton dapat mengintepretasikan setiap simbol yang ada dalam film ini secara bebas.

 

Kineforum didukung Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) sedang menyelenggarakan pemutaran film Another Trip To The Moon selama 2 minggu sejak 12-28 Juni 2015. Pemutaran dilakukan sekaligus untuk menggalang dana lewat donasi penonton karena film-film seperti ini belum mendapat tempat yang baik di bioskop Indonesia. Sebelumnya Another Trip To The Moon sudah diputar perdana di beberapa tempat di Yogyakarta juga melalui sistem donasi.

 

Jadwal pemutaran Another Trip To The Moon di Kineforum bisa dicek di: http://kineforum.org/web/informasi/kalender

Another Trip To The Moon adalah karya film panjang pertama sutradara Ismail Basbeth asal Yogyakarta. Film hasil kolaborasi produksi Hide Project Films dan Bosan Berisik Lab tersebut berhasil menjadi salah satu nominasi Hivos Tiger Awards di ajang International Film Festival Rotterdam 2015. Another Trip To The Moon adalah film drama fantasi yang bertutur menggunakan pendekatan bahasa visual surealis. Memerlukan pemaknaan mendalam ketika menonton karya sutradara yang sebelumnya lebih banyak berkarya melalui medium film pendek ini.

Share this post
Oleh: Puput

Karya Lain