Brand Karya Anak Muda yang Begitu Cinta dan Bangga Indonesia

February 21 2016

Rasa cinta dan bangga akan Indonesia bisa diwujudkan dengan berbagai cara, termasuk yang dilakukan oleh beberapa anak muda kreatif berikut ini. Mereka membuat brand dan berbagai desain menarik menceritakan tentang Indonesia, merah putih, Garuda Pancasila, hingga kekayaan dari Sabang sampai Merauke. Simak hasil karya dan sedikit penjelasan tentang diri mereka:

 

I Love RI

Konsep I Love RI dibangun oleh empat orang anak muda kreatif lulusan IKJ. Menurut salah satu penggagasnya, Adityayoga, I Love RI pada awalnya bukan ditujukan sebagai brand melainkan ikon. I Love RI berawal dari sebuah gerakan bernama Hiduplah Indonesia Raya yang dipelopori bersama Samuel Raya dan Pandu. Kaos bertuliskan I Love RI dengan kata love yang diganti lambang Garuda adalah salah satu ikon yang dibuat untuk menjalankan gerakan tersebut. Seiring meningkatnya permintaan pada akhirnya mereka bersepakat memperbanyak ragam produk dan membuat website khusus untuk menjual produk I Love RI.

www.hiduplahindonesiaraya.com

www.shop.hiduplahindonesiaraya.com

 

Kementerian Desain Republik Indonesia

Kementerian Desain Republik Indonesia yang biasanya disingkat KDRI adalah sumbangsih kreatif dunia desain dari Wahyu Aditya. KDRI berdiri pada 28 Agustus 2006 dengan tujuan menyebarkan semangat Indonesia ke seluruh dunia melalui kekuatan visual. Wahyu Aditya yang akrab dipanggil Wadit mengawali karirnya di tahun 2000 sebagai animator di Trans TV usai menyelesaikan kuliahnya di KvB Institute of Technology Sydney, Australia. Selang dua tahun bekerja, Wadit memilih mundur dan membuka rumah produksi sendiri namun gagal dan gulung tikar. Baru pada 2004 dia membuka sekolah animasi bernama Hello Motion Acadamey sekaligus membuat brand kreatif KDRI yang merangkum kecintaannya akan Indonesia dengan berbagai bahasa visual.

www.kdri.co

 

Damn I Love Indonesia

Bisa dibilang Damn I Love Indonesia adalah brand kreatif tentang serba-serbi Indonesia yang paling populer. Pasalnya sang pendiri dan penggagas brand ini adalah Daniel Mananta, VJ MTV tahun 2003, yang kini jadi presenter dan merambah juga dunia akting. Lahir pada 28 Oktober 2008, Damn I Love Indonesia mempunyai semangat mempromosikan kekayaan ragam budaya tradisional Indonesia dengan gaya yang lebih pop dan ringan. Tujuannya adalah agar anak muda bangga memakai berbagai hal yang berhubungan dengan Indonesia, dan membangun nasionalisme terhadap tanah airnya.

http://www.damniloveindonesia.com

 

Bagaimana Sahabat Hutanta, menarik sekali bukan? Semoga bisa menginspirasi bagi Sahabat Hutanta yang ingin lebih jauh mempelajari dunia desain. Mereka bisa menjadi panutan bagaimana menyelipkan sebuah gagasan besar tentang keindonesiaan lewat bahasa visual anak muda yang lebih mudah dipahami.

Rasa cinta dan bangga akan Indonesia bisa diwujudkan dengan berbagai cara, termasuk yang dilakukan oleh beberapa anak muda kreatif berikut ini. Mereka membuat brand dan berbagai desain menarik menceritakan tentang Indonesia, merah putih, Garuda Pancasila, hingga kekayaan dari Sabang sampai Merauke.

Share this post
Oleh: Puput

Karya Lain