6 Hal Unik Yang ada di Pematangsiantar

June 12 2015

Setiap kota memiliki hal unik dan menarik yang menjadi ciri khasnya. Begitupun kota Siantar, mari kita simak 6 hal unik yang hanya ada si Siantar.

1. Pabrik Es Siantar

Bagi orang Siantar jelas tidak asing dengan pabrik yang satu ini. Pabrik es Pematangsiantar seakan sudah menjadi ikon dari kota ini. Pabrik es Pematangsiantar adalah satu-satunya pabrik tertua di kota ini. Pabrik ini berdiri tahun 1916 dengan nama NV Ijs Fabriek. Pabrik ini didirikan oleh orang berkebangsaan Swiss bernama Heinrich Surbeck. Beliau adalah seorang sarjana kimia yang datang ke Siantar tahun 1902.  Awalnya pabrik ini hanya membuat es batangan (y iyalah, namanya juga pabrik es). Tetapi kemudian sekitar thn 1920-an pabrik ini mulai memproduksi minuman dengan nama merek Badak. Ada 8 minuman yang diproduksi yaitu: Orange Pop, Sarsaparilla, Raspberry, Nanas, Grape Fruit Soda, American Ice Cream Soda, Coffe Bear, dan Soda Water. Namun sekarang ini hanya ada 2 rasa yang masih diproduksi yaitu rasa Sarsaparilla dan Air Soda ketatnya persaingan di bidang minuman menyebabkan berkurangnya produksi minuman cap Badak.

 

2. “SIANTARMAN”

Dulu bahasa ini sering dipakai sebagai sebutan untuk preman siantar yang terkenal paling kejam di sumatera utara. Dan pernah dengar juga preman siantar sempat menguasai daerah jakarta dan sekitarnya. Pernah seseorang bercerita klo dulu ini orang jakarta nanyain siantar dimana maka orang siantar bilang “klo tangan lae keluarin dari jendela mobil belum putus , berarti itu belum siantar”. Di medan juga pernah terjadi penolakan terhadap anak kost siantar “MENERIMA ANAK KOST KECUALI ANAK SIANTAR” haahahah. Hal yang paling lucu. Namun , berkat kemauan dan tekad warga siantar untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram serta damai , akhirnya preman siantar berhasil diatasi. Sekarang kata SiantarMan berubah menjadi makna kata untuk perantau yang bersekolah demi menuntut ilmu. dan apalagi telah menjadi orang sukses. Bahkan dosen saya T.T Sipayung saat ngobrol Beliau bilang hampir 30 tahun beliau merantau tapi dia masih rindu siantar. dengan bangganya dia sebut "AKU orang SIANTARMAN".Mengaku Siantarman harus Berani , Jujur dan Tegas. I AM SIANTARMAN , "Solidarity is Our Priority"

 

3. Becak Siantar

Merupakan becak tertua yang masih aktif beraktifitas di pematangsiantar. BSA ini kerap di modifikasi jadi harley davidson yang menambah keunikannya tersendiri. Dulunya motor ini merupakan kendaraan yang dipakai dalam perang selama Belanda menjajah Indonesia. Motor ini merupakan hasil pabrikan dari perusahaan bernama Birmingham Small Arm. Untuk info lebih lanjut klik Disini


4. Mie Pangsit Siantar

Ups, jadi lapeerrrr.. Siapa yang tidak kenal dengan mie yang satu ini. Bahkan mie ini ada di jual di pulau jawa , Bandung contohnya. Namun , namanya tetap saja Mie Pangsit Siantar.

Mie ini pertama kali di kenalkan oleh suku cina yang datang ke pematang siantar. Menyajikan potongan kotak babi merah dengan aroma dan rasa yang pastinya lezat. Eitzz.... walau lezat , tetap saja klo kamu anggap haram jangan dimakan deh..


4. Saksang pakon dayok nabinatur

Saksang pakon (pakon=dan) Dayok nabinaatur (ayam yang diatur) adalah makanan yang biasa di sajikan dalam acara adat batak simalungun. Kalau saya berulangtahun atau merantau , makanan ini pasti akan disajikan dan disuguhkan lewat acara adat. Saksang berbahan daging babi dan Dayok na binatur berbahan Ayam. Biasanya yang membuat makanan ini punya rasa khas adalah bumbu dan cara memasaknya.


5. Toko Roti Ganda

Satu lagi kuliner legendaris di Kota Pematang Siantar, Sumut, yang tidak boleh dilewatkan. Yang dijual hanya roti, selai srikaya, krim putih, dan meses coklat. Roti jenis ini berbentuk loaf dan lumayan besar untuk mengisi perut yang keroncongan usai keliling Kota Siantar. Produk Srikaya dari toko ini sudah melegenda baik di Sumatera Utara maupun di luar Sumatera Utara. Nah, salah satu roti yang paling diingat dari toko roti ini mungkin adalah roti isi cokelatnya. Walaupun terkesan sederhana, hanya roti tawar isi cokelat (ada yg isi krim coklat dan ada yg isi meses) yang dibungkus plastik tapi harganya dibanderol hanya sebesar 1000 rupiah!! murah meriah dan enak!. Dan sampai tulisan ini diturunkan harganya masih tetap 1000. Tak peduli BBM naik ato tidak. Mungkin ini alasan roti ini sangat laku di kalangan masyarakat dan hampir semua warung menjualnnya.

 

6. Patung Dewi Kwan In

Dari 6 hal unik di Siantar yang kami bagikan terlihat bahwa kota Siantar adalah kota penting sejak dulu. Terbukti dengan adanya peninggalan motor BSA yang dimanfaatkn menjadi Becak Siantar, atau di beberapa daerah dikenal dengan istilah becak motor. Namun hanya di Siantar becak motor yang menggunakan sepeda motor BSA (Birmingham Small Army) keluaran pabrikan Inggris. Dan dari kulinernya terlihat bahwa Siantar adalah kota dengan keragaman yang tinggi. Ada mie yang merupakan khasanah kuliner Cina, dan roti yang identik dengan Erop dan Amerika. Patung Dewi Kwan In melambangkan toleransi yang begitu tinggi di tengah masyarakat Siantar. Sudahkah kamu mengunjungi Siantar untuk menambah daftar petualanganmu?

 

Sumber: http://ezrareihardianzz.blogspot.com/2014/11/10-hal-unik-yang-ada-di-pematangsiantar.html

Setiap kota memiliki hal unik dan menarik yang menjadi ciri khasnya. Begitupun kota Siantar, mari kita simak 6 hal unik yang hanya ada si Siantar.

Kategori : Berita Tags :
Share this post
Oleh: Puput

Karya Lain